Pengamat: Jangan Sampai Regenerasi Memicu Konflik karena Tarik Menarik Kepentingan

setialampung.com – DPW PAN Lampung menurut rencana melaksanakan musyawarah wilayah (muswil) ke-5 di SwissBell Hotel, pada 21 juli 2020.

Menurut pengamat politik asal universitas Lampung, Bendi Juantara, pada prinsifnya, regenerasi kepemimpinan dari partai politik merupakan bagian penting dari demokrasi dan peningkatan derajat kelembagaan partai politik tersebut.

Regenerasi ini, katanya, diharapkan merupakan bagian dari kesepakatan bersama seluruh kader yang ada dari atas hingga kader diakar rumput. Sesuai dengan aturan main yang disepakati bersama yang termanifestasi dalam ad/art partai atau peraturan organisasi lainnya.

“Jangan sampai justru adanya regenerasi memicu konflik atau dualisme kepemimpinan karena tarik menarik kepentingan. Selain itu, diharapkan partai dapat memilih ketua bukan dilihat dari figur calon semata, tapi dilihat dari kinerja secara keseluruhan,” ujarnya, kepada setialampung.com, minggu (12/7).

Karena, lanjutnya, jika menggandalkan figur dari calon ketua, maka ini bisa berdampak pada penurunan suara dan jelas akan berdampak buruk bagi partai politik tersebut. Pertimbangan lain, ujarnya, dalam suksesi regenerasi kepemimpinan partai juga harus memperhatikan otonomi keputusan bersifat independent. Artinya tidak bisa diganggu oleh kepentingan kelompok di luar partai.

Menurutnya lagi, suksesnya regenerasi kepemimpinan secara damai memungkinkan partai akan dapat bertahan atau survive. Mohon dapat menjadi perhatian bagi seluruh kandidat.

“Jadi saya tidak akan melihat sejauh mana kekuatan masing masing calon, tapi yang saya harapkan ke depan tentunya juga masyarakat juga berharap suksesi kepemimpinan partai di Lampung. Khususnya bisa membawa angin baru untuk lebih total menjadi jembatan kepentingan antara rakyat dan negara. Jangan sampai regenerasi kepemimpinan sukses secara prosedural tapi hal substansi justru tidak berdampak. Akan menggerus trust masyarakat terhadap partai yang dalam periode saat ini sudah semakin melemah,” ungkapnya. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *