Pengamat Harap Calon Kada yang Diusung Partai Telah Ditempa Nilai – Nilai Ideologis

setialampung.com – Calon kepala daerah – wakil kepala daerah yang dicalonkan partai politik, diharapkan merupakan hasil kesepakatan bersama secara kekeluargaan.

Harapan ini disampaikan pengamat politik Bendi Juantara kepada setialampung.com, selasa (7/7).

“Agar konsolidasi partai tetap terjaga. Terlebih menjelang pemilihan kepala daerah tentunya membutuhkan semangat kerjasama tim, jejaring dan kolaborasi. Bukan justru berujung pada perpecahan,” kata Bendi.

Selain itu, katanya, diharapkan juga bakal calon (balon) yang dicalonkan adalah kader partai yang telah ditempa dari proses penanaman nilai – nilai ideologis partai.

“Sehingga akan tertanam dalam dirinya kepentingan arus partai dan masyarakat adalah segalanya bukan faktor individualisme apalagi berkaitan kepentingan,” ujarnya.

Ia meyakini, usulan kader dari partai politik sejatinya sudah diperhitungan dengan baik peluang kemenangannya. Namun demikian, faktor trust terhadap kandidat dan partai menjadi faktor penentu.

“Jika berkaca dari pilkada Lamtim sebelumnya, faktor putra daerah bukan faktor dominan kemenangan kandidat. Sejauh ini faktor ketokohan, social networking, etnosentrisme, modal politik serta finansial cukup kuat dalam menentukan pilihan pemilih.

Ditambah lagi, lanjutya, faktor komitmen dan keberpihakan ke masyarakat juga bagian lain yang harus diperhatikan.

“Untuk merebut dukungan perlu waktu proses membangun kepercayaan masyarakat, perlu kerja keras, perlu kolaborasi bersama. Agar peluang untuk menang dalam pilkada selalu terbuka,” ungkapny. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *