Partai Nasdem Mengalihkan Rekomendasi Balon Walikota Metro, Ini Kata Pengamat

setialampung.com – Partai Nasdem mengalihkan rekomendasi bakal calon walikota – wakil walikota Metro, dari Anna Morinda dan Frits Akhmad Nuzir ke Mufti Salim.

Pengalihan rekomendasi ke Mufti Salim ini tercantum di Surat Rekomendasi nomor 191-SI/RP/DPP-NasDem/VII/2020 tertanggal 1 Juli 2020 dan ditandatangani Wakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad H.M Ali dan Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu, Prananda Surya Paloh.

Menurut Pengamat politik Universitas Lampung, Bendi Juantara, konstalasi politik nasional menjelang pilkada saat ini tengah memanas. Banyak isu isu berhembus salah satunya yang kontroversi RUU HIP yang jelas mempengaruhi peta politik nasional. Termasuk imbasnya di daerah dalam membangun koalisi parpol.

Dia mengutarakan, tentu partai politik akan mengkalkulasi kembali kekuatan apalagi di tengah covid19. Ini jelas di luar dugaan hingga perlu ada perhitungan ulang terutama berkaitan koalisi pemenangan.

“Dalam hal ini politik bisa selalu berubah, bahkan di last minute pilkada. Hal ini menjadi lumrah karena ini bagian dari strategi dalam meraih kekuasaan secara formal dan terlegitimasi,” ungkapnya.

Pengamat politik Universitas Lampung lainnya, Himawan Indrajat mengatakan, pengalihan rekomendasi itu hal yang wajar karena politik itu selalu dinamis.

“Mungkin hitung – hitungan politiknya lebih menguntungkan mendukung Mufti Salim dari PKS sebagai calon walikota didampingi ketua Nasdem Metro sebagai calon wakil walikota. Karena ini lebih nyata ketimbang hanya mendukung jadi partai pengusung, tapi kader partainya tidak mendapatkan posisi yang penting. Kalau sekedar jadi partai pengusung atau pendukung, tapi kader tidak dapat posisi strategis, ya hanya dipakai sebagai perahu sementara saja,” ungkapnya. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *