KPU Bandarlampung Gelar Rakor Verifikasi Faktual Perbaikan

setialampung.com — KPU Bandarlampung melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) tahapan verifikasi faktual perbaikan dan penyampaian hasil verifikasi administrasi syarat dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Bandarlampung 2020. Rakor digelar di SwissBell Hotel Bandarlampung, sabtu (8/8/2020). 

Sebelumnya, KPU Bandarlampung sudah selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap bakal pasangan calon perseorangan Ike Edwin-Zam Zanariah.

“Dari hasil verifikasi administrasi, pasangan ini dapat dinyatakan lolos ke tahapan selanjutnya yakni tahapan verifikasi faktual hasil dukungan perbaikan yang akan dilakukan oleh PPS,” kata Anggota KPU Bandarlampung, Fery Triatmojo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima setialampung.com, sabtu (8/8/2020).

Fery mengungkapkan, saat tahapan dukungan perbaikan, Ike-Zam menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak 54.450. Dari jumlah itu yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 45.222 dukungan. Sementara, yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 9.173 dukungan. 

“Dari jumlah dukungan perbaikan yang dinyatakan MS tersebut, pasangan Ike-Zam berlanjut memasuki tahapan verifikasi faktual perbaikan pada 9-15 Agustus 2020,” ujarnya.

Menurutnya, jika sebanyak 45.222 dukungan perbaikan yang MS itu ditambahkan dengan dukungan verifikasi faktual pertama yang dinyatakan MS sebanyak 22.847, maka jumlah keseluruhan dukungan yang MS sebanyak 68.069. 

Diketahui di Bandarlampung syarat minimal yang harus dicapai bakal calon perseorangan untuk ikut dalam pesta demokrasi adalah 47.864 ribu dukungan KTP-el. 

Ketua KPU Bandarlampung, Dedy Triadi menjelaskan, verifikasi faktual tahap kedua ini akan serentak dilaksanakan pada 9 hingga 15 Agustus 2020 mendatang. 

“Selanjutnya pada 18 Agustus dilakukan rapat pleno di tingkat PPK dan 21 Agustus di tingkat kota,” ujarnya. (*/ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *