Akhiri Rakernas IX, TP-PKK Siap Bekerja dengan 4 Agenda Prioritas

setialampung.com РMengakhiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merencanakan bekerja dengan menekankan pada 4 agenda prioritas, yakni ketahanan ekonomi masyarakat, revolusi mental, pelestarian lingkungan hidup, serta memperkuat pelayanan dasar.

Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP-PKK Pusat, Irma Zainal saat menyampaikan pandangan akhir hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX di Sekretariat TP-PKK Pusat, selasa (16/3/2021).

Setiap tahunnya, lanjut Irma, 4 agenda prioritas tersebut bakal diimplementasikan melalui 10 program pokok PKK yang dilaksanakan seluruh tingkatan TP-PKK, baik pusat maupun daerah. Adapun berbagai isu utama dalam menyusun program, yakni menyangkut penanganan pandemi Covid-19, penurunan angka stunting, dan penguatan ekonomi masyarakat. Dari berbagi isu tersebut, TP-PKK merumuskan sejumlah program unggulan. Program ini, kata Irma, dapat dilaksanakan oleh seluruh TP-PKK dengan melibatkan kementerian, lembaga, maupun pihak lainnya.

“Bersama kementerian, lembaga, organisasi perangkat daerah dengan menggunakan sumber APBN, APBD, atau APB Desa,” ujar Irma.

Irma menjelaskan, rancangan besar kegiatan TP-PKK untuk 2021-2024 yakni menciptakan gerakan nasional keluarga sebagai pelopor perubahan melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan keluarga, dan peningkatan ekonomi keluarga. Selain itu, TP-PKK juga hendak memperkuat ketahanan keluarga, kesehatan keluarga, serta pelestarian lingkungan.

Adapun rencana induk dan strategi gerakan PKK tahun 2021-2024 memiliki visi misi yang menempatkan kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama dari gerakan PKK yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat. Ini menjadi tolok ukur prioritas dalam membangun keluarga secara terencana, terpadu, terstruktur, merata, dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal.

Irma juga menyebutkan sejumlah program unggulan yang menjadi agenda masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) maupun Sekretariat untuk periode 2021 – 2024.

Sementara itu, Sekretaris Umum TP-PKK, Andi Yuliarmingsyah R menjelaskan, materi kegiatan dalam rencana induk dan strategi gerakan PKK Tahun 2021-2024 telah disepakati pada saat pendalaman materi. Terkait petunjuk teknis tata kelola kelembagaan PKK akan disempurnakan oleh tim perumus yang akan bekerja usai Rakernas rampung.

Ia menyebutkan,
Rakernas IX diikuti 448 peserta, yang terdiri dari seluruh pengurus TP-PKK pusat maupun provinsi. (*)