Aep Saripudin dan Agus Jumadi Galakkan Program Ayo Menanam

setialampung.com – Dua anggota DPRD Bandarampung mengisi masa resesnya dengan membagikan bibit tanaman ke masyarakat. Mereka adalah Wakil Ketua DPRD Bandarlampung, Aep Saripudin dan Ketua Fraksi PKS Agus Djumadi,

Kegiatan pembagian bibit ini bagian dari edukasi ke masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di rumah. Apalagi di masa pandemi Covid 19 seperti ini, tentunya kegiatan menanam memiliki dampak ketahanan pangan keluarga.

Aep menjelaskan, dirinya berkomitmen mengajak warga Bandarlampung khususnya di daerah pemilihan (dapil) Labuhan Ratu, Kedaton, dan Way Halim untuk menggalakkan program ayo menanam. Aep bahkan siap memfasilitasi untuk menggalakkan menanam tanaman pekarangan.

“Kegiatan ini penting khususnya di masa pandemi, selain mengisi waktu ketika di rumah saja, dengan menanam sendiri tanaman di tanam secara organik, sehingga lebih sehat ketika di makan nantinya. Dengan makan tamaman yang kita tanam sendiri juga tubuh lebih sehat, dan meningkatkan daya imunitas tubuh dalam melawan covid-19 dimasa pandemi ini”, kata Aep, usai membagikan bibit di Kelurahan Surabaya, sabtu, (22/8/2020).

Di tempat berbeda, Ketua Fraksi PKS Agus Jumadi melakukan hal yang sama di Kelurahan Gunung Terang. Agus melakukan edukasi pentingnya memiliki ketahanan pangan keluarga di masa pandemi seperti ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk ketahanan keluarga adalah menanam di lahan pekarangan rumah.

“Ini menjadi salah satu ikhtiar kita dalam menjaga ketahanan pangan keluarga. Sebagai awal gerakan ini, saya juga telah membagikan bibit di daerah Kemiling dan Rajabasa. Jika ini berhasil, insyaa Allah skala pembagian akan diperbesar jumlahnya,” kata Agus.

Dalam kegiatan ini, baik Aep maupun Agus menggandeng Komunitas Ayo Menanam Indonesia untuk memberikan penyuluhan. Komunitas ini memberikan penyuluhan cara bertanam di lahan terbatas dengan teknik hidroponik sederhana. Sedangkan bibit yang dibagikan antara lain tanaman sayuran berupa cabai, kangkung, bayam, dan sawi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *